Peralatan Dapur dari Kayu Awet dan Bersih dengan Cara Ini

Dari banyak peralatan dapur yang dimiliki, pasti ada yang terbuat dari kayu. Contohnya adalah piring, mangkuk, talenan, spatula, alat parut, gagang pisau, dan sebagainya. Seperti peralatan dapur yang lainnya, tentu Anda perlu menjaga kebersihan peralatan dapur dari kayu ini. Peralatan dapur, terutama peralatan masak, akan bersentuhan langsung dengan makanan dan tangan Anda. Jika tidak bersih, tentu akan banyak bakteri berkembang biak dan bisa menjadi sumber penyakit bagi keluarga Anda. Dalam hal inilah dibutuhkan peran ibu untuk menjamin setiap peralatan dapur, khususnya yang terbuat dari kayu, dapat senantiasa bersih. 

Cara membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari kayu tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah mudah untuk membersihkan peralatan dapur di bawah ini: 

- Peralatan dapur terbuat dari kayu yang sifatnya tidak mengilat atau dipernis, dapat dibersihkan dengan menggunakan larutan lemon. Caranya mudah, gosok peralatan dapur Anda dengan irisan lemon hingga dirasa cukup bersih, kemudian gosok dengan sabut kelapa. Bilas dengan air hingga bersih. 

- Jika Anda memiliki talenan kayu yang digunakan khusus untuk memotong daging, sebaiknya Anda mengerik terlebih dahulu permukaannya dengan menggunakan pisau. Setelah itu, gosok permukaan talenan dengan irisan lemon dan bersihkan dengan sabut kelapa. Bilas dengan air mengalir hingga bersih.

- Peralatan masak yang terbuat dari kayu dan sifatnya mengilap sebaiknya tidak dibersihkan dengan sabut kasar. Minyak dan lemak mudah menempel di dalamnya, jadi pastikan Anda menggunakan sabun pencuci piring yang ampuh seperti Sunlight Jeruk Nipis 100, di mana setiap tetes dari formulanya yang kental, diperkaya dengan ekstra jeruk nipis asli yang mempunyai kekuatan 100 jeruk nipis yang mampu membersihkan lemak. Sunlight Jeruk Nipis 100 secara aktif membersihkan lemak untuk Anda, membuat pekerjaan mencuci peralatan dapur Anda lebih cepat dan mudah.

- Cara lain untuk merawat peralatan masak yang dipernis adalah dengan menggunakan larutan lemon yang dicampur dengan minyak zaitun. Cara ini akan membantu Anda mempertahankan kilau di permukaan kayu agar tetap glossy tanpa mengorbankan kebersihannya.

Setelah mengetahui cara membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari kayu dengan efektif, peran ibu yang lain adalah mengetahui bahan-bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari kayu: 

Lemon 

Lemon

Lemon adalah salah satu bahan terbaik yang dapat digunakan untuk membersihkan barang. Meskipun merendam peralatan dapur yang terbuat dari kayu sebaiknya dihindari karena bisa mempengaruhi bau, merendamnya dengan lemon justru baik untuk peralatan dapur Anda. Rendam peralatan Anda di dalah air panas yang telah dicampur dengan perasan lemon selama 15 menit. Setelah itu, bilas peralatan masak Anda dengan air hingga bersih. Jemur hingga kering. Selain membersihkan, lemon juga efektif menghilangkan bau tidak sedap.

Cuka 

Cuka  

Masukkan satu gelas cuka dan satu sendok makan madu ke dalam sebuah mangkuk. Siapkan kain untuk mengelap peralatan dapur yang terbuat dari kayu dengan campuran tersebut. Lakukan beberapa kali hingga bersih.

Garam 

Garam

Rendam peralatan dapur dari kayu Anda ke dalam air garam yang mendidih selama lima menit. Setelah selesai, lap kering peralatan tersebut dan jemur di bawah sinar matahari selama sehari penuh.

Baking Soda 

Baking Soda

Baking soda sudah terkenal untuk membersihkan barang dan menghilangkan bau tidak sedap. Cara membersihkan peralatan dapur dari kayu dengan baking soda adalah dengan mengoleskan pasta baking soda yang dicampur dengan jus lemon. Biarkan selama 15 menit di bawah terik sinar matahari. Selanjutnya, bilas dengan air panas dan lap hingga kering.  

Menjaga kesehatan keluarga adalah peran ibu yang utama. Pastikan Anda melakukannya dengan memastikan peralatan dapur yang bersentuhan dengan makanan selalu terjaga kebersihannya, sehingga keluarga Anda sehat selalu. 

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP