DESAIN DAPUR ANDA DENGAN CARA YANG PRAKTIS

Rahasia dapur yang nyaman terletak pada bagaimana cara Anda mendesain dapur tersebut. Dapur yang sempit biasanya disebabkan karena terlalu banyak barang yang tidak tertata rapi. Selain itu, beragam perabotan yang penempatannya tidak sesuai juga dapat memakan tempat terlalu banyak sehingga dapur terasa lebih sempit. Jika dapur terasa kurang nyaman dan sempit, aktivitas memasak pun jadi tidak nyaman. Anda perlu beberapa tips desain dapur untuk membuat dapur terasa lebih lega dan nyaman. Berikut beberapa cara dan tips desain dapur yang praktis untuk Anda.

1) Utamakan Lemari Bertingkat

Utamakan Lemari Bertingkat
Ada banyak bumbu dapur dan peralatan memasak yang harus disimpan di lemari. Satu lemari saja terkadang tidak cukup untuk menampung semua peralatan memasak Anda. Apabila lemari tidak cukup menyimpan bumbu dapur dan peralatan memasak, silakan menambah lemari baru. Akan tetapi, usahakan untuk menggunakan lemari yang memanjang ke atas (ke langit-langit dapur) untuk menghemat ruang. Lemari dapur yang memanjang ke samping justru akan membuat dapur terasa sempit. Letakkan barang-barang yang sekiranya jarang dipakai pada lemari paling atas.

2) Pisahkan Bumbu Dapur dengan Alat Memasak

Pisahkan Bumbu Dapur dengan Alat Memasak

Peralatan masak dan bumbu dapur tentu merupakan dua hal yang akan seringkali Anda gunakan ketika memasak di dapur. Namun, dalam penyimpanannya, alangkah baik bila Anda tidak menggabungkan dua hal ini dalam satu area dekat tempat memasak di dapur, sehingga menjadi tampak berantakan. Anda tetap dapat menyimpan kedua hal ini dekat dengan tempat memasak Anda di dapur, namun pisahkan peyimpanan bumbu dapur dan peralatan masak Anda agar lebih terorganisir dan lebih rapi.

3) Memberi Label pada Bumbu Dapur

Memberi Label pada Bumbu Dapur
Pernahkah Anda salah mengambil bumbu dapur? Misalnya, ketika Anda seharusnya menambahkan garam, malah justru Anda mengambil toples gula. Desain dapur tidak hanya fokus terhadap penempatan lemari dan peralatan memasak, tetapi juga memberikan label yang jelas pada setiap wadah bumbu dapur. Walaupun memasak adalah kegiatan yang selalu Anda lakukan setiap hari, tetapi terkadang kita bisa salah mengambil bumbu dapur saat sedang tidak fokus.

4) Minimalkan Penggunaan Tempat

Minimalkan Penggunaan Tempat
Tips desain dapur yang tidak terlalu besar adalah Anda harus pandai meminimalkan penggunaan tempat. Misalnya, dapur Anda terlalu sempit jika terdapat lemari es dua pintu di dalamnya, maka Anda harus menggunakan lemari es satu pintu. Agar lemari es tersebut cukup, jangan menempatkan bumbu dapur atau bahan makanan yang memang bisa disimpan di suhu ruangan ke dalam lemari es. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus menempatkan botol-botol, gelas, bumbu dapur, dan peralatan memasak lainnya di lemari yang sudah tersedia. Jika lemari dapur tidak cukup, saatnya memilah kembali barang yang memang diperlukan dan singkirkan barang-barang yang tidak pernah dipakai.

Kriteria Dapur Yang Nyaman

Kriteria Dapur Yang Nyaman
Dapur yang nyaman adalah dapur yang lega dan tidak terlalu banyak barang di dalamnya. Kalau pun ada banyak peralatan memasak, setidaknya Anda harus menempatkannya dengan rapi. Selain itu, sirkulasi udara di dapur juga harus baik agar tidak pengap. Desain dapur yang nyaman juga harus didukung dengan kebersihan dapur dan peralatan memasaknya. Pastikan Anda mencuci peralatan memasak dan alat-alat makan setelah dipakai dengan Sunlight Jeruk Nipis. Setelah memasak, Anda juga harus mengepel lantai dapur untuk menghilangkan minyak dan noda makanan yang menetes di lantai.
 
Tips desain dapur ini bisa membantu Anda menciptakan dapur yang nyaman untuk memasak. Kenyamanan saat memasak dapat menghasilkan makanan yang lebih nikmat. Selain itu, Anda dan keluarga pun dapat melakukan berbagai aktivitas seru di dapur.

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP