TIPS AMPUH MENGHILANGKAN BAU PADA BLENDER

Membersihkan peralatan dapur di tempat cuci piring Anda harus selalu dilakukan karena hal ini berkaitan dengan kebersihan makanan yang Anda buat. Salah satu peralatan dapur yang sering digunakan adalah blender atau biasa disebut juga dengan food processor. Blender ini berfungsi untuk menghaluskan bumbu atau bahan makanan lainnya dengan cepat dan mudah. Blender yang telah digunakan biasanya masih meninggalkan aroma bahan makanan yang menempel di dalamnya, sehingga Anda perlu cara yang tepat dan efektif dalam membersihkan peralatan dapur tersebut agar bau-bau tidak sedap yang membandel dapat dihilangkan.

Cara mencuci blender cukup mudah, seperti halnya kita membersihkan peralatan dapur lainnya. Akan tetapi, Anda harus mencucinya dengan cara yang tepat agar tidak terjadi kontaminasi silang pada bahan makanan lainnya. Jika terdapat kontaminasi, maka hasil olahan pun akan memiliki cita rasa dan aroma yang aneh. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara-cara dalam membersihkan blender secara efektif. Berikut ini beberapa tips ampuh yang dapat diterapkan untuk menghilangkan bau pada blender.

Menggunakan Baking Soda

Baking Soda
Cara pertama yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada blender adalah dengan menggunakan baking soda yang dikenal ampuh untuk membersihkan berbagai peralatan dapur, salah satunya adalah blender. Caranya adalah dengan memasukkan satu sendok makan baking soda dan satu cangkir air hangat ke dalam blender. Tutup blender tersebut dan nyalakan mesinnya, biarkan proses tersebut selama beberapa menit agar aroma yang terdapat pada blender pun menghilang.

Selain menghilangkan bau, baking soda juga dapat berfungsi sebagai pengangkat kotoran yang disebabkan oleh kandungan lemak yang terdapat pada bahan makanan. Setelah blender dibersihkan dengan baking soda, selanjutnya buang air tersebut di tempat cuci piring Anda dan bilas blender dengan air bersih, serta gunakan sabun pencuci.

Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Cara kedua yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau pada blender adalah dengan menggunakan air perasan jeruk nipis. Caranya adalah dengan mengisi bagian dalam blender menggunakan air dan perasan jeruk nipis. Kemudian, diamkan selama satu sampai dua jam agar bau yang terdapat pada blender tersebut pun hilang. Jeruk nipis memiliki fungsi untuk menghilangkan bau pada berbagai jenis peralatan dapur seperti blender. Hanya saja, dibutuhkan waktu yang lebih lama agar bau pada blender benar-benar hilang dan siap untuk digunakan kembali.

Menggunakan Produk Sabun Pencuci Khusus 

Cuci Blender
Cara ketiga yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan bau pada blender, yaitu dengan menggunakan produk sabun pencuci yang khusus digunakan untuk menghilangkan bau pada peralatan dapur. Anda dapat menggunakan Sunlight Mint, yang dengan kandungan ekstrak jeruk nipis dan daun mint tidak hanya efektif dalam membersihkan lemak tetapi juga ampuh dalam menghilangkan bau-bau yang tidak sedap.

Caranya hampir sama dengan cara yang pertama, yaitu dengan mengisi bagian dalam blender menggunakan air hangat. Masukkan beberapa tetes Sunlight Mint ke dalam blender, kemudian nyalakan blender selama beberapa menit agar bau dan kotoran lemak pada blender pun hilang. Jika telah selesai, buang air tersebut dan cuci kembali dengan Sunlight Mint menggunakan spons pembersih.
 
Anda perlu hati-hati dalam membersihkannya agar tangan Anda tidak tergores oleh mata pisau yang terdapat pada blender. Bilas blender tersebut menggunakan air hangat sampai tidak ada busa sabun yang tersisa. Untuk bagian luar blender bisa dibersihkan dengan lap yang telah dibasahi terlebih dahulu.

Tips ampuh cara membersihkan peralatan dapur, dalam hal ini menghilangkan bau pada blender, bisa Anda terapkan juga untuk peralatan dapur lain nya. Jika peralatan dapur Anda selalu bersih dan terhindar dari bau yang tidak sedap, maka Anda akan mendapatkan hasil olahan yang terbaik

PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP