Cara Membersihkan Panci Dan Cara Menghilangkan Kerak Pada Panci

Panci masak yang baru dibeli tentu nampak mengkilap dan cerah. Namun, setelah panci digunakan berkali-kali, akan muncul bintik-bintik cokelat yang berasal dari noda makanan atau api kompor Anda. Selain itu, jika Anda memasak dengan nyala api yang tidak sesuai, akan menimbulkan gosong di dasar panci Anda. Tentu Anda tidak mau kan, jika panci kesayangan Anda gosong dan berkerak, sehingga tidak optimal lagi memasaknya? Jika noda tersebut tidak segera dibersihkan, panci masak Anda akan terlihat usang dan kotor. Lantas, adakah cara untuk membersihkan panci masak dengan mudah?

Selalu ada cara untuk membuat panci masak stainless steel Anda terlihat seperti baru. Pertama-tama, Anda harus menemukan tempat yang nyaman untuk mencuci panci tersebut, apalagi jika pancinya berukuran besar. Jika wastafel pencuci piring Anda tidak cukup untuk menampung panci dalam ukuran besar, Anda bisa mencucinya di kamar mandi atau di halaman rumah. Gunakan cairan pencuci piring yang ampuh untuk membersihkan lemak dan noda pada panci, seperti Sunlight.

Cara Menghilangkan Kerak Pada Panci 

Selanjutnya Anda bisa menggunakan tips-tips dan cara menghilangkan kerak pada panci berikut ini :

  1. Hindari Mengerik permukaan panci stainless steel Anda dengan benda tajam seperti pisau, gunting, garpu, maupun logam tajam lainnya. Bukannya membersihkan kerak, melakukan hal ini justru akan meninggalkan goresan pada permukaan panci Anda. 
  2. Tuang air ke dalam panci Anda hingga sebatas kerak makanan, kemudian diamkan beberapa saat. Letakkan kembali di atas kompor dan nyalakan api kecil.
  3. Tunggu hingga air memanas dan hampir mencapai titik didihnya.
  4. Dengan menggunakan sendok kayu yang tumpul, aduk-aduk secara perlahan dan tipis-tipis saja agar tidak menggores permukaan panci. Lakukan hal ini hingga kerak lepas seluruhnya.
  5. Buang air kotor yang ada di dalam panci, kemudian cuci panci Anda sesegera mungkin dengan menggunakan sabun cuci piring.

Jika dasar panci Anda gosong, lakukan hal-hal berikut ini :

  1. Tuangkan air panas ke dalam ember atau baskom yang mampu memuat panci Anda dan bisa digunakan untuk merendamnya.
  2. Tuangkan baking soda dan cuka ke dalamnya, aduk hingga merata.
  3. Taruh panci Anda ke dalamnya hingga sebatas permukaan yang gosong. Anda bisa meletakkan pemberat di dalam panci Anda agar panci tidak mengambang.
  4. Diamkan selama semalam agar godong di dasar panci Anda laruh sepenuhnya
  5. Setelah itu Anda bisa mencucinya seperti biasa menggunakan sabun cuci piring.   

Cara Membersihkan Kerak Di Permukaan Panci

Cara Membersihkan Kerak Di Permukaan Panci

Selain menggunakan cara membersihkan kerak panci di atas, Anda bisa juga menggunakan bahan-bahan di bawah ini untuk membersihkan kerak di permukaan panci Anda serta jelaga gosong yang ada di dasar panci Anda:  

1. Cuka

Cuka

Cuka lebih banyak digunakan untuk membersihkan dasar panci dari noda gosong maupun kerak di permukaan panci Anda, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu merendam panci Anda ke dalam seember atau sebaskom air selama semalam, kemudian mencucinya seperti biasa menggunakan sabun cuci piring. Sedangkan untuk menghilangkan kerak di permukaan panci, Anda hanya perlu memasak rendaman air dan cuka kemudian mengaduknya secara perlahan menggunakan sendok kayu agar kerak yang menempel luruh.   

2. Minyak Sayur

Minyak Sayur

Selain untuk memasak, ternyata minyak sayur juga memiliki kegunaan lagi, yaitu untuk melunakkan kerak di permukaan panci Anda. Jika Anda memiliki panci berkerak, oleskan minyak sayur di permukaan panci, kemudian diamkan hingga kerak melunak. Setelah itu Anda bisa membersihkannya seperti biasa menggunakan sabun cuci piring.  

3. Baking Soda

Baking Soda

Selain merendam panci di campuran air dan baking soda, Anda juga bisa mengoleskan campuran baking soda dan air ke permukaan panci Anda yang berkerak atau gosong. Diamkan selama beberapa jam. Setelah itu Anda dapat mencucinya dengan bersih menggunakan sabun cuci piring. Selain dengan mengolesnya, Anda juga bisa menaburkan baking soda secara langsung ke panci Anda, kemudian diamkan beberapa saat. Setelah itu, cucilah hingga bersih.

Sebenarnya membersihkan panci maupun wajan gosong dan berkerak bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan, selama Anda tahu tips dan cara membersihkan kerak panci tersebut. Bahan-bahan yang bisa digunakan pun mudah didapatkan. Sayangnya, banyak orang belum tahu kemudahan itu, sehingga lebih memilih membiarkan alat memasak kesayangn mereka dalam kondisi yang kurang baik. Padahal, jika rajin dibersihkan, peralatan memasak itu pun bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama dan lebih awet.

Beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah: jika Anda membeli peralatan memasak bermerek, biasanya dilengkapi oleh petunjuk penggunaan dan perawatan. Jangan menyepelekan hal ini karena akan sangat berguna untuk Anda di kemudian hari. Hindari juga penggunaan sabun cuci dan spons berkawat untuk menggosok panci Anda, sebab bisa menggores permukaan panci Anda.

Jika noda minyak pada panci sulit dibersihkan, cobalah untuk merendam panci dengan air hangat dan Sunlight Double Power selama beberapa jam. Cara ini dapat melunturkan minyak yang melekat pada panci sehingga panci lebih mudah dicuci. Hindari penggunaan spons kawat yang cenderung sangat kasar saat mencuci panci masak yang terbuat dari stainless steel. Penggunaan media yang kasar untuk menggosok panci dapat mengakibatkan goresan pada panci tersebut. Sebaiknya, segera bersihkan panci masak Anda seusai digunakan. Jika tidak segera dicuci, noda masakan akan membekas dan akan sulit dihilangkan.

Tunggu apalagi, ibu cerdas? Selamat mencoba beragam cara membersihkan kerak pada panci dengan cara-cara di atas. Semoga berhasil!


PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP