TIPS BERSIHKAN RAK OVEN DI DAPUR ANDA

Rak pada oven seringkali menjadi bagian yang sering terabaikan pada proses pembersihan. Pasalnya, sebagian besar orang lebih berkonsentrasi untuk membersihkan tray pada oven tersebut. Seperti halnya rak dapur, rak pada oven pun kerap kali kotor, seperti terkena tetesan lemak atau noda dari makanan yang Anda panggang. Jika noda tersebut dibiarkan begitu saja, noda dari sisa lemak atau makanan akan menggumpal karena terus menerus terpanggang di dalam oven. Akibatnya, gumpalan kotoran pada rak oven di dapur Anda menjadi sulit sekali dibersihkan.

Sebaiknya, Anda segera membersihkan rak oven dapur setelah menggunakannya. Anda dapat melakukan pencucian pada bagian rak oven dengan tangan atau mesin pencuci piring. Berikut adalah kedua cara pencucian rak oven :

Menggunakan tangan

  • Rendam rak oven dalam air hangat. Tuang satu tetes Sunlight Jeruk Nipis 100 ke dalam air hangat tersebut. Biarkan selama 2-3 jam untuk melepas kotoran yang melekat pada rak.
  • Cuci rak tersebut dengan penggosok stainless steel dan Sunlight Jeruk Nipis 100. Gosok bagian yang kotor secara keras.
  • Bilas rak oven dengan air hangat.
  • Keringkan rak oven dapur dengan menjemurnya di rak piring terlebih dahulu.

Menggunakan mesin pencuci piring

  • Masukkan rak oven dapur ke dalam mesin pencuci piring.
  • Tambahkan Sunlight Jeruk Nipis 100 secukupnya.
  • Set suhu 70°C pada mesin pencuci piring.
  • Tunggu hingga mesin pencuci selesai mencuci rak oven Anda.

Hindari pemasangan rak dalam keadaan basah. Keringkan terlebih dahulu rak oven yang telah dicuci agar tidak menyebabkan konslet pada oven Anda. Apabila kotoran telah menggumpal dan sulit dibersihkan dengan kedua cara tersebut, Anda dapat menggunakan cairan amonia untuk melunturkan kotoran tersebut. Mengingat aroma dari cairan ini cukup menyengat, Anda dapat meletakkan rak oven yang ditetesi cairan Amonia tersebut di dalam kantung plastik selama semalaman.

Seperti halnya rak dapur, rak oven juga harus rutin dibersihkan setiap usai digunakan agar proses pencucian tidak memakan waktu yang lama. Selain itu, jika Anda membersihkan rak oven secara teratur, Anda tidak akan menjumpai gumpalan kotoran yang sulit dibersihkan.



PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP