CARA MUDAH MENCUCI CLAYPOT

Claypot adalah panci masak yang terbuat dari tanah liat. Peralatan dapur ini dapat digunakan untuk memasak, menghangatkan hingga menyajikan makanan. Claypot banyak digunakan di negeri tirai bambu. Namun, dewasa ini banyak juga masyarakat Indonesia yang gemar menggunakannya karena bentuknya yang unik dan functionable . Apakah Anda salah satu pengguna claypot ? Sudahkah Anda mengetahui cara membersihkannya?

Cara membersihkan claypot tentu berbeda dengan cara membersihkan panci masak yang terbuat dari stainless steel. Sebelum digunakan untuk pertama kali, alat masak ini harus direndam dan dicuci terlebih dahulu. Berikut adalah cara mudahnya :

  • Rendam claypot di dalam air bersih selama kurang lebih 10-15 menit.
  • Celupkan spons cuci piring pada campuran air bersih dan Sunlight Plus Anti Bakteri.
  • Angkat claypot dan gosok dengan keras bagian dalam dan luarnya.
  • Bilas claypot dengan air bersih. Pastikan sisa busa tidak tertinggal.

Langkah ini dilakukan pada pencucian pertama dan setiap claypot selesai digunakan memasak. Hindari penggunaan sabun krim atau deterjen saat mencuci claypot. Sabun krim dan deterjen dapat dengan mudah diserap oleh pori-pori claypot. Akibatnya, alat masak ini menjadi berbahaya pada saat digunakan untuk memasak.

Selain mencuci claypot secara teratur, Anda juga dapat memperhatikan hal-hal berikut agar claypot Anda tetap awet dan tahan lama digunakan dalam jangka panjang :

  • Hindari meningkatkan suhu secara mendadak saat memasak dengan claypot. Besarkan api secara bertahap.
  • Saat claypot baru dikeluarkan dari lemari es, sebaiknya Anda menunggu beberapa saat terlebih dahulu sebelum meletakkannya di atas kompor atau dalam microwave.
  • Keringkan claypot dengan lap atau dijemur secara alami setelah dicuci untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada claypot.

Cara membersihkan panci masak berbahan dasar tanah liat seperti claypot sangat mudah, bukan? Anda tetap dapat mengolah berbagai jenis masakan dengan menggunakan claypot tanpa khawatir akan repot untuk membersihkannya.



PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP