CARA MEMBERSIHKAN DAN MENYIMPAN COBEK BATU

Sambal adalah hidangan pendamping bagi hampir seluruh masakan Indonesia. Meskipun telah tersedia sambal kemasan, membuat sambal sendiri lebih menjamin kualitas dan rasanya. Membuat sambal dengan cobek masih menjadi pilihan daripada menggunakan penghalus modern. Hal ini tentu saja karena cobek tidak mempengaruhi rasa, tidak seperti penghalus modern yang terbuat dari logam yang dapat mentransfer rasa logam ke dalam makanan. Selain itu, penggunaan cobek dapat mengeluarkan rasa dan aroma yang lebih mantap sehingga sajian pun akan lebih nikmat.

Cobek dapat terbuat dari kayu maupun batu. Ketika membeli cobek, terutama cobek batu, Anda harus berhati-hati karena maraknya cobek palsu. Cobek batu palsu memiliki warna lebih terang dengan permukaan halus, dan ketika dikerik permukaannya akan menghasilkan serpihan halus.

Yang haru siperhatikan adalah hindari langsung menggunakan cobek yang baru dibeli. Lakukan beberapa langkah sederhana berikut pada cobek baru Anda agar kotoran yang menempel hilang :

  • Cuci cobek baru Anda dengan Rinso untuk menghilangkan kotoran.
  • Haluskan akar sayuran hijau seperti kangkung. Hal ini untuk mengangkat kotoran pada pori-pori kecil cobek.
  • Cuci kembali cobek dengan Sunlight Jeruk Nipis 100 . Gunakan jenis spons abrasif untuk menggosok cobek dan ulekan batu.

Tidak hanya cobek baru, cobek lama Anda juga perlu diperhatikan. Cobek memiliki pori-pori kecil sehingga sering kali meninggalkan sisa-sisa makanan di dalamnya. Oleh karena itu, Anda perlu merawat dan membersihkannya. Untuk membersihkan cobek lama, Anda dapat menggunakan cara yang hampir sama, yaitu :

  • Setelah digunakan, segera gosok cobek menggunakan spons abrasif dalam air hangat.
  • Haluskan akar sayuran hijau.
  • Cuci kembali dengan Sunlight Jeruk Nipis 100.
  • Bilas dan keringkan cobek.

Setelah dibersihkan, cobek harus diletakkan di rak dapur yang berongga atau beruas sehingga air dapat menetes. Namun ingat, meletakkan cobek di rak dapur harus memperhatikan beberapa hal, yaitu meletakkan cobek dan ulekan batu tidak boleh terlalu tinggi melainkan harus pada bagian paling dasar rak dapur. Hal tersebut untuk menghindari terjatuhnya cobek. Jatuhnya cobek selain dapat merusak cobek juga berisiko merusak benda dapur lainnya dan bahkan melukai Anda.

Dengan cara di atas, cobek Anda akan bersih dan sisa-sisa bahan makanan yang menempel pada pori-porinya akan hilang sehingga tidak akan mengontaminasi makanan yang akan dihaluskan selanjutnya. Dengan cobek yang bersih, Anda pun siap mengolah aneka hidangan lainnya.



PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP