MENGENAL BERAGAM JENIS SPONS

Spons adalah bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas bersih-bersih, termasuk cuci piring. Spons sangat membantu menghilangkan kotoran. Namun, untuk dapat membersihkan sesuatu tanpa merusak, Anda harus menggunakan spons dengan tepat.

Tahukah Anda? Spons terdiri dari aneka jenis dan memiliki fungsinya masing-masing. Tidak hanya sebagai spons cuci piring, namun ada juga spons yang digunakan untuk membersihkan jendela, kamar mandi, dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa jenis spons berdasarkan material pembuatan dan tujuannya.

  • Spons selulosa. Jenis spons yang paling umum ada di pasaran ini sangat terjangkau dan memiliki warna-warna cerah serta variasi bentuk dan ukuran. Jenis spons ini memiliki daya serap yang baik dan tahan lama. Tidak hanya digunakan sebagai spons cuci piring, spons selulosa juga dapat digunakan di kamar mandi.
  • Spons abrasif. Spons jenis ini terbuat dari materi abrasif (kasar) yang baik untuk digunakan pada alat pemanggang dan beberapa perabot panci dan wajan.
  • All surface sponge /spons serbaguna. Spons ini merupakan kombinasi dari spons selulosa dan spons abrasif pada sisi lain spons.
  • Natural sponge /Spons alami. Spons ini berasal dari laut dan tidak mengandung bahan kimia. Spons ini sangat dianjurkan untuk mencuci jendela dan mobil karena teksturnya lembut dan sangat menyerap air.
  • Dry sponge /spons kering. Spons ini terbuat dari bahan karet dan biasanya digunakan untuk membersihkan jelaga di dinding. Jenis spons ini dirancang untuk digunakan kering dan tidak membutuhkan air atau pelarut.
  • Metal sponges /spons logam. Spons ini terbuat dari wol baja yang dapat menggores permukaan. Spons logam hanya boleh digunakan pada permukaan yang dapat menahan goresan.
  • Spons nylon. Spons nylon dirancang untuk digunakan pada permukaan yang tidak dapat menahan gosokan kasar dan tidak memerlukan pembersihan besar seperti peralatan yang dilapisi teflon.

Apapun jenisnya, pastikan Anda merawat dan menjaga kebersihan spons Anda. Hal ini tentu saja karena bakteri, ragi, dan jamur dapat tumbuh dengan mudah di dalamnya. Untuk membersihkan spons cuci piring khususnya yang berbahan selulosa, Anda dapat meneteskan beberapa tetes Sunlight Plus Anti Bakteri pada spons dan celupkan pada air. Tempatkan spons dengan posisi tegak di dalam microwave. Panaskan selama kurang dari 2 menit dengan suhu tinggi. Bilas secara menyeluruh. Spons pun kembali seperti baru dan bebas bau.

Selain membersihkan spons sehari-hari, Anda juga harus mempertimbangkan mengganti spons dapur Anda secara teratur untuk membantu mengurangi risiko keracunan makanan. Dan, simpanlah spons di tempat yang kering. Penggunaan spons yang tepat serta perawatan dan kebersihan yang selalu terjaga akan membuat spons bekerja optimal sebagai alat bantu membersihkan tanpa merusak dan menyebarkan kuman.



PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP