RICE COOKER BERSIH DAN TAHAN LAMA

Saat ini, rice cooker bukan lagi barang mewah untuk membantu pekerjaan para ibu rumah tangga di dapur. Selain dapat memasak tanpa menunggu, menanak nasi dengan menggunakan rice cooker juga tentu lebih praktis. Karena rice cooker digunakan setiap hari untuk menanak nasi, perabot dapur satu ini tentu harus dibersihakn setiap usai digunakan. Pembersihan yang rutin merupakan salah satu upaya merawat rice cooker agar tahan lama dan tetap higienis saat digunakan.

10 Cara Membersihkan Rice Cooker

Berikut ini ada 10 cara membersihkan rice cooker tahan lama dan tetap higienis saat digunakan.

  1. Cabut colokan rice cooker dan tunggu hingga suhu mendingin.

  2. Kosongkan panci masak  rice cooker dari sisa nasi atau makanan lain.

  3. Rendam panci dengan larutan Sunlight Jeruk Nipis 100 dan air panas selama beberapa saat untuk melepaskan kerak nasi yang menempel. Setelah itu, cuci panci dengan menggunakan spons lembut, lalu bilas.

  4. Anda juga dapat membersihkan panci masak rice cooker dengan cara lain, yaitu masak larutan Sunlight Clean and Soft dengan air hingga mendidih. Diamkan sebentar hingga air tidak terlalu panas. Lalu, cuci dengan menggunakan spons lembut dan bilas hingga bersih.

  5. Selain panci masak, cuci juga semua peralatan yang menyertainya, seperti gelas ukur dan sendok nasi dengan cairan pencuci piring Sunlight, kemudian keringkan.

  6. Jika penanak nasi dilengkapi penutup yang terpisah, cuci secara terpisah dengan sabun pencuci Sunlight.

  7. Namun, jika tutupnya terpasang, bersihkan bagian bawah penutupnya dengan spons/kain bersih dan cairan pencuci piring Sunlight. Gosok lagi dengan kain basah untuk membilasnya. Lalu, keringkan dengan lap kering.

  8. Seka bagian luar rice cooker dan bagian atas penutup berikut lubang uapnya dengan kain lembab. Untuk menghilangkan noda uap yang sudah mengerak dan sulit dibersihkan, Gunakan Sunlight Double Power.

  9. Bersihkan juga permukaan pemanas rice cooker di bagian dalamnya, dengan cara menyekanya dengan kain kering. Permukaan pemanas ini harus benar-benar bersih dari sisa nasi agar proses pemanasan panci tidak terganggu. Hindari mengikis permukaan pemanas dengan alat tajam yang dapat menyebabkan goresan.

  10. Buang air yang terdapat pada tampungan air dan cuci penampung air dengan menggunakan cairan pencuci piring Sunlight.

Yang perlu Anda ingat adalah rice cooker harus dibersihkan setiap selesai digunakan. Saat membersihkan, jangan menggunakan sabut atau spons abarasif yang dapat menggores permukaan panci dan badan rice cooker. Dengan merawat dan membersihkannya secara berkala, rice cooker akan tetap higienis dan tahan lama.



TOP