TIPS MERAWAT PEMANGGANG ROTI

Apakah Anda menggunakan pemanggang roti atau toaster setiap pagi? Kapan terakhir kali Anda membersihkannya?

Tahukah Anda? Sebagian orang menggunakan pemanggang roti setiap harinya, namun jarang membersihkannya. Hal ini mengingat proses pembersihan toaster memang cukup merepotkan karena bentuk dan komponennya yang beragam. Padahal, membersihkan pemanggang roti sangatlah penting agar alat satu ini dapat tahan lama dan selalu higienis saat akan digunakan.

Berikut adalah cara membersihkan pemanggang roti :

  • Pastikan pemanggang roti Anda dalam keadaan didinginkan dan tidak terhubung ke sumber listrik. Jika Anda telah menggunakannya dalam sepuluh menit terakhir, biarkan setidaknya satu jam untuk memastikannya benar-benar dalam keadaan dingin.
  • Tarik perlahan baki penampung remah yang ada di bagian bawah pemanggang roti dan buang semua sisa remah roti.
  • Bersihkan baki dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan beberapa tetes cairan pembersih piring Sunlight Jeruk Nipis 100. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan daerah yang sulit terjangkau. Bilas baki secara menyeluruh dan pastikan baki kering sempurna sebelum Anda memasangnya kembali.
  • Jika baki remah tidak dapat dilepas, balik pemanggang roti Anda dan goyang-goyangkan dengan hati-hati sehingga remah roti terjatuh.
  • Setelah itu, bersihkan tempat roti pada pamanggang. Kali ini, Anda tidak perlu menggunakan cairan pembersih dan air untuk membersihkannya. Cukup gunakan sikat gigi bekas atau kuas. Kemudian, balik pemanggang roti sambil digoyang-goyangkan dengan hati-hati. Ulangi langkah ini jika perlu.
  • Selanjutnya, bersihkan bagian luar pemanggang. Anda dapat menggunakan larutan cairan pembersih Sunlight Jeruk Nipis 100 dan air hangat yang dituangkan sedikit pada kain bersih. Lalu, seka seluruh permukaan bagian luar hingga bersih. Gunakan sikat gigi atau kuas untuk membersihkan bagian yang sulit terjangkau kain. Pastikan untuk membersihkan bagian sisi, atas, dan bawah pemanggang hingga bersih.

Pemanggang Anda pun bersih dan siap digunakan kembali. Namun, perlu Anda ingat dalam membersihkan pemanggang roti, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan, yaitu :

  • Jangan membersihkan pemanggang roti ketika panas karena dapat membahayakan Anda. Sabar dan tunggulah sampai benar-benar dingin.
  • Pastikan tempat roti dan logam pemanas pada pemangang roti Anda tidak terkena air.

Jika Anda cukup sering menggunakan alat pemanggang, aturlah jadwal untuk membersihkannya secara rutin. Dengan perawatan yang teratur, pemanggang roti Anda pun akan tetap bersih, terlihat baru, dan tahan lama.



PRODUK YANG DIGUNAKAN

TOP