Cara Membersihkan Buah Dan Sayuran Yang Benar

Buah dan sayur mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Namun, saat akan mengonsumsinya, baik diolah atau dinikmati secara langsung, tentu Anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Mencuci adalah cara mencuci buah dan sayur.

Namun, tahukah Anda? Mencuci buah dan sayur dengan air saja tidaklah cukup untuk membersihkannya. Buah dan sayur tidak hanya dihinggapi debu, namun juga pestisida, lapisan lilin, kotoran, bahkan bakteri. Berikut adalah beberapa cara membersihkan buah dan sayur yang efektif agar anggota keluarga Anda senantiasa sehat dan tidak perlu khawatir akan kandungan pestisida yang masih tertinggal di buah dan sayuran.

Cara Menyimpan Buah Dan Sayuran

Cara Menyimpan Buah Dan Sayuran

Dibandingkan dengan mengeluarkannya dari plastik secara langsung dan meletakkannya di kulkas, membiarkannya tetap di dalam plastik dapat menjaga buah dan sayuran Anda dari tumbuhnya jamur. Untuk memastikan kelembabannya bisa keluar, buka sedikit plastiknya untuk menghambat jamur tumbuh.

Cara Membilas Buah Dan Sayuran

Cara Membilas Buah Dan Sayuran
Setiap buah dan sayuran yang akan dikonsumsi harus dicuci terlebih dahulu. Untuk menghilangkan residu petisida dan kotoran lain secara maksimal, bilas buah dan sayuran di bawah air mengalir selama 30 - 60 Detik. Jika dibilas dengan benar, buah dan sayuran akan sudah cukup bersih, namun tetap lebih baik jika Anda menggunakan sabun pencuci buah dan sayuran agar residu petisida dan bakteri bisa luruh dengan lebih optimal.

Cara Menggosok Buah Dan Sayuran

Cara Menggosok Buah Dan Sayuran
Membiarkan buah dan sayuran di bawah air mengalir tidak akan bisa membuatnya bersih total. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gosok bagian kulit buah dengan menggunakan tangan agar residu petisida, kuman, dan bakteri yang menempel pada kulit buah yang bisa dibersihkan, namun jangan terlalu keras menggosoknya.

Untuk membersihkan kulit buah yang teksturnya cukup keras, Anda bisa menggunakan sikat gigi bersih untuk menggosok buah dan sayuran Anda. Sikat akan memudahkan Anda membersihkan sayuran yang memiliki celah - celah kecil seperti kembang kol dan brokoli. Menyikat buah pun dianjurkan meskipun Anda bisa mengupasnya, seperti jeruk, semangka, melon, atau mangga. Jika Anda tidak melakukan nya dan mengupas buah menggunakan pisau, bakteri dan kuman masih bisa masuk ke dalam bagian daging buah dari permukaan kulit.

Cara Merendam Buah Dan Sayuran

Cara Merendam Buah Dan Sayuran
Meskipun tidak banyak buah dan sayuran yang perlu direndam, beberapa tetap butuh direndam seperti bayam, kangkung, daun singkong, atau selada. merendamnya selama beberapa waktu akan membantu meluruhkan bakteri dan kotoran yang masih menempel. Untuk hasil yang lebih optimal, bilas buah dan sayuran di bawah air mengalir.

Cara Mencuci Buah Dan Sayuran Dengan Sabun Pencuci Buah Dan Sayur Sunlight Extra Nature

menggunakan sunlight extra nature

Sunlight mengerti kebutuhan para ibu dalam menjaga kebersihan dapur, termasuk kebersihan buah dan sayur. Oleh karena itu, Sunlight memformulasikan Sunlught Extra Nature. Sabun Pencuci Piring dengan kandungan garam mineral, white tea, dan ekstrak jeruk nipis, membersihkan lemak bandel pada piring serta sisa petisida pada buah dan sayur. Sehingga, selain berfungsi sebagai sabun pencuci piring, Sunlight Extra Nature juga merupakan sabun pencuci buah dan sayur yang ampuh.

Berikut ini adalah cara sehat mencuci buah dan sayuran dengan sabun pencuci buah dan sayur Sunlight Extra Nature :

  • Cuci tangan Anda hingga bersih sebelum melakukan kegiatan
  • Cuci di bawah air yang mengalir, namun jangan gunakan air panas.
  • Bersihkan seluruh bagian buah atau sayur, mulailah dengan bagian yang paling kotor
  • Buka lapisan atau lembaran pertama sayuran yang dicuci, misalnya kol/kubis. Rendam sebentar setiap sayuran yang Anda cuci untuk merontokkan ulat, tanah, lumpur, atau benda lain yang menempel di sayuran Anda.
  • Buka lembaran daun sayuran yang dicuci sambil digosok - gosok di bawah yang mengalir. Cuci satu per satu lembaran daun jika memungkinkan
  • Perhatikan jugabagian batang sayuran untuk memastikan nya bersih dari sisa tanah atau kotoran lain.
  • Cucilah dengan air mengealir dan gunakan Sunlight Extra Nature yang mengandung ekstrak jeruk nipis asli, white tea dan garam mineral alami yang ampuh membersihkan buah dan sayuran Anda lebih higienis.
  • Jika Anda membersihkan jamur, cukup sikat secara halus menggunakan sikat gigi. Tidak perlu mencucinya dengan air karena jamur menyerap air sehingga akan merusak rasanya.
  • FDA merekomendasikan membersihkan buah atau sayur berkulit halus seperti tomat dan anggur dengan menggosoknya secara lembut menggunakan tangan. Hal ini untuk mencegah terjadinya robekan pada kulitnya.
  • Untuk membersihkan kubis atau sayuran sejenis, Anda perlu memisahkan tiap helai daunnya untuk pembersihan menyeluruh
  • Pastikan tidak ada kotoran yang tersisa pada buah atau sayur
  • Buang bagian buah atau sayur yang sudah hampir busuk.
  • Bilas dengan air mengalir hingga busa sabun hilang dan bersih.
  • Untuk alasan menghemat air, aturlah air keran Anda agar tidak terlalu kencang.
  • Letakkan buah dan sayur dalam wadah yang bersih.

Memastikan kesehatan anggota keluarga merupakan tugas utama ibu rumah tangga, sebab ibulah yang paling mengetahui asupan makanan yang akan dikonsumsi oleh suami dan anak-anak. Jika buah dan sayuran yang dimakan masih sarat kuman dan residu pestisida, tentu dapat mengganggu kesehatan dan menjadi penyakit. Hal ini tidak bisa dianggap remeh meskipun kelihatan sepele. Bagi sebagian orang, membeli buah dan sayuran organik bisa menjadi alternatif untuk meminimalisir risiko kotoran dan kuman serta sisa pestisida, namun sayuran dan buah organik harganya lebih mahal, serta masih susah didapat.

Selain menggunakan sabun pencuci buah dan sayuran, Anda juga bisa menggunakan cuka, baking soda, kunyit, garam, maupun jeruk nipis untuk meluruhkan bakteri. Sunlight Extra Nature sendiri sudah meramu formula yang cocok dan aman untuk membersihkan buah dan sayuran Anda. 

Untuk dapat menyajikan buah dan sayur yang sehat bagi keluarga, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan bersih sebelum dan sesudah membersihkan buah dan sayur. Cuci juga seluruh permukaan yang tersentuh makanan segar ini, termasuk pisau dan talenan. Jangan pernah memotong buah serta sayur sebelum mencucinya karena keluarga sehat adalah segalanya.



TOP