Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Dengan Sabun Pencuci Botol Susu Bayi

Susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat penting bagi anak. Oleh karenanya, para Ibu wajib menjamin konsumsi susu untuk anak senantiasa terpenuhi, karena susu memiliki peran penting dalam pertumbuhan si anak. Selain tentang ketersediaan susu, para Ibu juga wajib menjamin agar penyajian susu untuk anak dapat selalu tepat dan higienis. Salah satu hal penting dalam hal penyajian yang higienis adalah kebersihan botol susu bayi. Mengingat bayi masih sangat rentan dalam hal fisik, botol susu yang tidak higienis tentu akan berdampak pada kesehatan bayi. Hal ini tentu harus diperhatikan oleh para Ibu agar selalu turut menjamin agar beragam peralatan bayi, khususnya botol susu bayi harus selalu bersih dan higienis dengan cara membersihkan botol susu bayi yang tepat.

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Yang Benar

Salah satu cara paling efektif untuk mencegah ASI perah atau susu formula basi adalah membersihkan botol susu bayi dengan benar. Cara membersihkan botol susu bayi ternyata harus dilakukan dengan seksama. Sebab sisa-sisa susu pada botol bayi mudah memicu perkembangbiakan bakteri. Botol susu yang sudah bersih dan steril akan meminimalkan risiko penyakit akibat ASI perah atau susu formula yang basi. Anda hanya perlu sabun pencuci botol susu bayi, air panas, dan sikat botol bayi untuk membersihkannya setiap hari.

Berikut adalah langkah-langkah membersihkan botol susu bayi :

  • Segera bilas botol susu dengan air hangat usai digunakan. Pisahkan bagian botol, termasuk tutup, puting karet, dan bagian lainnya untuk mempermudah pembersihan.
  • Jangan lupa membersihkan wastafel terlebih dulu sebelum mencuci botol susu bayi. Agar sisa-sisa bakteri, bahan kimia, dan kotoran dari peralatan dapur yang mungkin tertinggal di wastafel lekas hilang. Gunakan spons bersih yang sudah diberi Sunlight Plus Anti Bakteri untuk menggosok permukaan wastafel dan bagian di sekitar keran air. Kandungan Sunlight Plus Anti Bakteri akan membersihkan wastafel secara maksimal sekaligus mencegah perkembangbiakan bakteri pada spons cuci piring.
  • Wadah yang akan digunakan untuk mencuci botol susu bayi juga wajib dibersihkan terlebih dahulu dengan Sunlight Plus Anti Bakteri agar benar-benar higienis.
  • Isilah wadah yang sudah bersih dengan air panas lalu tambahkan 1-2 tetes Sunlight Plus Anti Bakteri. Gunakan larutan Sunlight Plus Anti Bakteri tersebut untuk merendam botol susu selama 5 menit.
  • Setelah direndam selama 5 menit, gunakan sikat botol untuk membersihkan bagian bawah dan sisi botol susu. Gosok dan bersihkan juga perlengkapan botol lainnya, yaitu tutup botol dan dot yang rentan menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Sebaiknya sikat botol untuk botol susu bayi tidak digunakan untuk membersihkan perabot lain agar kehigienisannya terjaga.
  • Lakukan gerakan memutar saat menggunakan sikat botol supaya sisa-sisa susu bisa terangkat sempurna. Air sabun juga harus melewati lubang dot untuk membersihkan sisa-sisa susu yang tertinggal pada lubang dot.
  • Bilas botol susu dan bagian-bagian lainnya dengan air mengalir. Anda harus membilasnya sampai benar-benar bersih dan tak ada busa sabun yang tersisa.
  • Letakkan botol susu yang sudah dicuci pada rak bersih yang ventilasi udaranya baik.

Cara membersihkan botol susu bayi akan semakin praktis bila Anda mengandalkan Sunlight Plus Anti Bakteri. Karena Sunlight Plus Anti Bakteri tidak cuma diformulasikan khusus untuk membersihkan kotoran, tetapi juga ampuh membunuh bakteri. Bukan hanya perabot dapur Anda yang akan bersih sempurna. Botol susu bayi pun akan senantiasa higienis dan tidak membuat susu jadi mudah basi. Karena kebersihan botol susu bayi turut menentukan kesehatan si kecil, maka Anda harus selalu cermat memperhatikan kebersihannya.

Memilih Sabun Pencuci Botol Susu Bayi Yang Tepat 

Botol susu bayi Anda pun kembali higienis setelah dicuci dengan sabun pencuci botol susu bayi yang tepat. Namun ingat, Anda harus mensterilkan botol susu bayi terlebih dahulu sebelum menggunakannya kembali. Terutama bila botol susu tersebut sudah disimpan dalam waktu lama. Sebelum melakukan sterilisasi, pastikan jenis botol susu bayi Anda sesuai dengan metode sterilisasi yang akan dilakukan.

Karena bayi memiliki tubuh yang masih rentan, maka untuk membersihkan botol susu bayi, dibutuhkan sabun pencuci piring yang aman untuk bayi Anda. Dalam arti, sabun pencuci botol susu yang Anda gunakan tidak mengandung bahan-bahan yang membahayakan kesehatan bayi. Anda bisa menggunakan Sunlight Anti Bakteri sebagai sabun pencuci botol susu bayi Anda. Sunlight Plus Anti Bakteri tidak hanya mampu membersihkan peralatan dapur kotor, namun juga botol bayi Anda. Sabun pencuci botol susu bayi yang satu ini terdiri dari ekstrak jeruk nipis yang aman dan efektif sebagai anti bakteri. Sisa-sisa susu yang menempel di botol bayi akan bersih sempurna dengan penggunaan Sunlight Plus Anti Bakteri.



TOP