Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Bau Bawang Di Tangan

Salah satu bumbu dapur yang mudah sekali meninggalkan bau di tangan maupun peralatan masak adalah bawang merah dan bawang putih. Bau bawang biasanya menempel cukup kuat, bahkan setelah selesai memasak, bau bawang masih tetap saja menempel di tangan dan peralatan masak. Jika Anda harus menghadapi situasi seperti ini, jangan bingung. Berikut ini ada tips mengatasi bau membandel bawang yang bisa Anda coba di rumah.

Mengatasi bau bawang di tangan:

  • Gosok tangan anda ke benda yang terbuat dari stainless steel, misalnya sendok, oven atau bak cuci piring. Bau bawang yang terjadi karena kandungan sulfur di dalamnya akan bereaksi dengan chromium yang terdapat di stainless steel yang kemudian akan menetralisir bau bawang dari tangan Anda.
  • Ambil garam dan letakkan di telapak tangan Anda, lalu beri air sedikit. Selanjutnya gosok tangan anda selama beberapa saat. Setelah itu bilas hingga bersih.
  • Rendam dengan air perasan lemon. Rendam tangan Anda ke dalam cairan tersebut selama beberapa menit, lalu bilas. Tangan Anda pun akan harum dan bau bawang hilang.
  • Oleskan sedikit pasta gigi ke tangan Anda, lalu gosok sebentar. Setelah itu bilas hingga bersih. Tangan anda pun akan harum dengan aroma mint.
  • Anda bisa juga menggunakan ampas kopi untuk menghilangkan bau bawang. Ambil ampas kopi lalu gosok di telapak tangan. Setelah itu bilas hingga bersih.

Mengatasi bau bawang di peralatan masak:

  • Jika bau bawang menempel di talenan, taburkan garam atau baking soda ke atas permukaan talenan lalu digosok-gosok. Biarkan beberapa menit lalu bersihkan baking soda atau garam dari permukaan talenan. Setelah itu ambil kain yang sudah diberi air, lalu lap permukaan talenan hingga bersih. Jangan lupa untuk mengeringkan talenan setelah dibersihkan dari bau bawang ya!
  • Jika bau bawang menempel di pisau, Anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan lemon atau jeruk nipis. Belah dua lemon lalu gosok-gosok ke permukaan pisau. Setelah itu bilas hingga bersih dan keringkan dengan lap bersih.
  • Untuk menghilangkan bau bawang yang menempel di peralatan yang terbuat dari plastik, taburkan baking soda ke dalam wadah tersebut, lalu tuang cuka ke dalamnya. Biarkan selama beberapa saat; semakin lama semakin baik. Setelah itu bilas hingga bersih dan keringkan sebelum disimpan ke rak piring.
  • Jika Anda mempunyai Sunlight Plus Anti Bau, bau bawang ini dapat dihilangkan dengan cara cuci piring seperti biasanya.

Tidak terlalu sulit bukan untuk menghilangkan bau bawang yang menempel di tangan maupun peralatan masak dengan beberapa tips menghilangkan bau di atas? Jadi Anda pun bisa memasak dengan lebih tenang tanpa harus bingung bagaimana jika tangan menjadi bau setelah memasak. Selamat mencoba!

TOP