Tips Memilih Panci dan Cara Mudah Membersihkannya

Di pasaran, panci dan peralatan dapur lainnya hadir dengan warna dan bentuk yang unik. Ada baiknya jika peralatan dapur itu sesuai kebutuhan. Misalnya untuk menumis, gunakanlah wajan yang dapat menghantarkan panas lebih cepat sehingga tumisan bisa matang dengan cepat. Untuk rebusan, pilih panci yang memang menahan panas dalam jangka lama. Jangan gunakan wajan berbahan dasar tembaga atau alumunium untuk memasak saus tomat atau saus spaghetti karena kandungan metalnya akan berpengaruh pada masakan. Berikut beberapa jenis bahan panci atau wajan yang bisa dipilih.

Stainless steel

Rata-rata peralatan dapur memang terbuat dari bahan ini. Selain tahan lama, perawatannya cukup mudah, dan cepat menghantarkan panas. Kekurangannya, terkadang memang sulit membersihkannya jika kerak masakan terlalu melekat.

Alumunium

Panci jenis ini juga salah satu yang banyak dijual di pasaran karena harganya yang relatif terjangkau. Bahannya ringan, sehingga cepat menghantarkan panas secara merata. Tapi, kalau terlalu panas bisa mengontaminasi makanan yang menyebabkan rasa pahit atau hitam.

Enamel

Panci/wajan berlapis enamel ini memang cukup berat namun terkesan lebih mewah. Selain menghantarkan panas secara perlahan dan merata, dan tahan panas, panci ini juga tidak bereaksi pada makanan karena lapisannya yang cukup tebal.

Baja Karbon

Kalau suka menonton acara masak memasak, ini salah satu panci/wajan yang sering digunakan bahkan menjadi favorit koki. Bahan seperti ini cocok untuk segala masakan, namun sayang kalau digunakan sehari-hari karena perawatannya yang cukup rumit. Panci ini tidak boleh sering terkena sabun cuci piring.

Apapun bahan peralatan dapur kita, yang terpenting adalah rajin membersihkan dan merawatnya. Jangan gunakan alat berbahan metal untuk menumis atau mengaduk, karena akan meninggalkan goresan. Jangan lupa untuk memasang alarm ketika Anda memasak, hal ini menghindari masakan yang terlalu matang hingga panci yang gosong. Setelah menggunakan alat masak, jangan lupa untuk mencucinya dengan cairan pencuci piring seperti Sunlight Jeruk Nipis 100. Sabun cair ini mengandung ekstrak jeruk nipis asli yang efektif membersihkan panci secara menyeluruh, dari minyak atau kerak yang tertinggal.

Semoga bermanfaat

AddThis is disabled because of cookie consent