lompat ke konten
  1. Beranda/
  2. Tips/
  3. Cara Mengatasi Saluran Cuci Piring Mampet dengan Sunlight
Cara Mengatasi Saluran Cuci Piring Mampet dengan Sunlight

Cara Mengatasi Saluran Cuci Piring Mampet dengan Sunlight

latar belakang ringkasan
Mencuci piring tentu sudah menjadi aktivitas harian yang dilakukan para ibu rumah tangga di rumah.

Mencuci piring tentu sudah menjadi aktivitas harian yang dilakukan para ibu rumah tangga di rumah. Dipakai setiap hari untuk mencuci piring kotor maupun membersihkan bahan makanan sebelum diolah tak hanya membuat permukaan tempat mencuci piring kotor, tetapi saluran pembuangan airnya juga ikut kotor. Selain kotor, sisa makanan dan kotoran pun banyak yang menempel membbuat saluran cuci piring mampet dan beraroma tidak sedap.

Selain mengeluarkan aroma yang kurang sedap, saluran cuci piring mampet yang kotor juga bisa jadi tempat kuman dan bakteri berkembang biak lho! Jika dibiarkan, tak hanya air cucian piring yang tidak bisa dibuang dengan sempurna, tapi kuman bisa ikut mencemari area dapur Anda. Untuk mengatasi hal ini, ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi saluran cuci piring mampet tanpa menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Gunakan Plunger

  • Ambil plunger dan letakkan di ujung saluran pembuangan air yang ada di permukaan tempat cuci piring.

  • Pastikan plunger menutupi lubang pembuangan air tadi secara keseluruhan.

  • Tarik–tarik plunger dengan kuat hingga 5 – 10 kali untuk membuat kotoran dan sisa makanan yang menempel di sisi–sisi selang pembuangan air terlepas dan mudah dibersihkan nantinya.

  • Jika sudah, singkirkan plunger dari lubang saluran pencuci piring tadi dan hidupkan air keran untuk mendorong kotoran dan sisa makanan yang sudah terangkat ke saluran pembuangan.

  • Untuk disinfeksi saluran pencuci piring yang mampet tadi, gunakan Sunlight Jeruk Nipis 100 yang ampuh untuk membersihkan, mengangkat bekas minyak dan kotoran-kotoran yang ada di tempat pencuci piring dan masalah saluran cuci piring mampet bias terselesaikan dengan mudah.

Gunakan Baking Soda dan Cuka

  • Masukkan satu cangkir baking soda ke dalam lubang saluran cuci piring mampet. Bisa juga disesuaikan dengan kondisi mampetnya saluran cuci piring mampet di rumah masing-masing.

  • Setelah itu masukkan setengah cangkir (atau secukupnya) cuka ke dalam lubang saluran cuci piring mampet.

  • Kombinasi baking soda dan cuka akan menimbulkan reaksi asam yang akan membuat kotoran dan sisa makanan yang menempel di selang pembuangan air melunak sehingga mudah dibersihkan.

  • Biarkan selama kira–kira 15 menit atau lebih tergantung pada kondisi saluran cuci piring mampet milik Anda.

  • Setelah itu, siram saluran cuci piring mampet tadi dengan air panas yang berfungsi untuk melarutkan kotoran dan sisa makanan yang sudah melunak yang tentu saja akan membuat saluran pencuci piring tidak mampet lagi. Gunakan Sunlight Jeruk Nipis 100 yang ampuh untuk membersihkan, mengangkat bekas minyak dan kotoran-kotoran yang ada di tempat pencuci piring

Gunakan Baking Soda dan Garam

  • Tuang satu cangkir baking soda ke dalam saluran cuci piring mampet.

  • Masukkan juga setengah cangkir garam dapur ke dalam saluran cuci piring mampet.

  • Biarkan selama semalaman agar bisa secara total mengatasi kotoran dan sisa makanan yang menumpuk di saluran cuci piring mampet.

  • Lakukan hal ini sebelum tidur, jadi wastafel cuci piring tidak digunakan selama saluran airnya dibersihkan.

  • Setelah itu, tuang air panas ke dalam saluran saluran cuci piring mampet. Lalu gunakan Sunlight Jeruk Nipis 100 yang ampuh untuk membersihkan, mengangkat bekas minyak dan kotoran-kotoran yang ada di tempat pencuci piring.

Dengan ketiga cara di atas, Anda bisa mengatasi persoalan saluran cuci piring mampet dengan mudah. Selain itu, untuk mencegah terjadinya kembali saluran cuci piring mampet hindari membuang sisa makanan ke dalam saluran pencuci piring. Ada baiknya buang sisa makanan ke dalam tempat sampah sebelum mencucinya. Gunakan Sunlight Jeruk Nipis 100 yang ampuh untuk membersihkan, mengangkat bekas minyak dan kotoran-kotoran yang ada di tempat pencuci piring. Semoga bermanfaat!